Madu Obat Herbal Ampuh Mengatasi Asam Lambung

Madu Obat Herbal Ampuh Mengatasi Asam LambungLambung merupakan salah satu organ pencernaan yang penting dalam tubuh manusia. Organ percernaan ini berfungsi sebagai tempat untuk mencerna makanan secara kimiawi dengan bantuan enzim. Makanan akan disimpan sementara waktu, setidaknya selama dua jam di dalam lambung sebelum akhirnya diteruskan ke organ pencernaan selanjutnya seperti hati dan usus.

Jadi, lambung mempunyai fungsi yang vital bagi tubuh. Jika terjadi masalah pada lambung, maka sistem pencernaan pun akan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang sering terjadi di lambung adalah naiknya asam lambung. Gangguan lambung ini dapat terjadi baik pada anak-anak, orang dewasa, ibu hamil maupun lansia.

Apa Sebenarnya Asam Lambung?

Asam lambung merupakan penyakit pada lambung yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan rasa panas di dada dan kerongkongan serta nyeri pada ulu hati. Penyakit ini biasanya akan dirasakan seminggu dua kali bahkan dapat kambuh sewaktu-waktu. Biasanya asam lambung terjadi ketika kita mengkonsumsi makanan yang menyebabkan asam lambung naik.

Penyebab Asam Lambung

Pada dasarnya, asam lambung dihasilkan untuk membantu kinerja lambung dalam mencerna makanan. Namun jika jumlahnya terlalu banyak maka akan menimbulkan masalah tersendiri bagi pencernaan. Asam lambung yang naik biasanya akan menyebabkan rasa panas dan terbakar di dada dikarenakan otot cincin lambung atau sfingter tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sfingter merupakan sebuah katup yang berfungsi untuk menahan asam agar tetap berada di dalam lambung. Jika katup ini melemah, tentu asam akan naik ke kerongkongan sehingga kerongkongan dan dada terasa panas dan terbakar. Hal inilah yang menyebabkan Anda terkena penyakit asam lambung.

Asam lambung juga dapat terjadi karena sindrom hernia perut, obesitas, dan tekanan pada perut saat kehamilan. Bagi pecandu rokok dan alkohol, penderita diabetes dan asma serta penyakit jaringan ikat lainnya juga memiliki risiko terserang penyakit asam lambung.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Gejala utama yang akan Anda rasakan saat menderita penyakit asam lambung adalah hertburn atau rasa panas dan terbakar pada bagian kerongkongan dan dada. Selain itu, gejala lain yang akan Anda rasakan antara lain :

  • Sakit tenggorokan atau tenggorokan terasa perih
  • Makanan terasa mengganjal dan naik ke kerongkongan
  • Bagian belakang mulut terasa asam
  • Bengek atau batuk
  • Suara serak
  • Batuk atau mengi
  • Cegukan
  • Nyeri dada terutama saat berbaring di malam hari
  • Muntah
  • Mual
  • Mulut terasa asam
  • Kesulitan menelan
  • Perut kembung

Cara Mengatasi Asam Lambung

Cara pertama yang akan kita tempuh saat penyakit asam lambung menyerang adalah meminum obat.  Pada dasarnya penggunaan obat-obatan kimia yang terlalu sering juga berisiko terhadap kesehatan. Selain mengkonsumsi obat, cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah dengan mengatur pola makan yang baik.

Pola makan yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi kambuhnya asam lambung, antara lain :

  • Makan dengan teratur

Pola makan yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab naiknya asam lambung. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki jam makan yang tepat dan sama setiap harinya. Sebelum Anda tidur, usahakan untuk tidak makan selama dua jam. Hal tersebut berguna untuk menghindari terjadinya kenaikan asam ke kerongkongan ketika tidur.

  • Hindari ngemil di antara jam makan

Ngemil di antara jam makan akan membuat lambung kesulitan untuk mencerna makanan yang terlalu banyak. Sehingga untuk mencerna makanan tersebut diperlukan waktu yang cukup lama.

  • Perhatikan porsi makan

Refluks dapat terjadi akibat Anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda makan dalam porsi yang sedikit namun sering dibandingkan dengan makan dalam porsi yang banyak dalam satu waktu.

  • Mengunyah makanan dengan benar

Proses mengunyah makanan sebanyak 32 kali ternyata memberikan dampak yang signigfikan terhadap kerja lambung. Jika kita mengunyah makanan dengan benar, lambung tidak akan bekerja terlalu berat sehingga enzim pencernaan pun dapat bekerja dengan baik. Hal ini berguna untuk mengatasi naiknya asam lambung.

  • Hindari minum air terlalu banyak saat makan

Jika Anda meminum air yang terlalu banyak saat makan, akan membuat asam di lambung mencair sehingga makanan pun akan sulit untuk dicerna.

  • Mengonsumsi madu

Tidak bisa dipungkiri jika madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Pasalnya, madu dapat mengurangi iritasi yang terjadi di kerongkongan dan membantu reflek asam yang menyebabkan mulas. Anda bisa menggunakan madu sebagai obat herbal ampuh untuk mengatasi asam lambung sebagai pengganti obat-obatan kima.

Madu rempah emas merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi asam lambung yang Anda alami. Terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping. Madu rempah emas telah terbukti dan aman untuk dikonsumsi.